ALUR PEMBELIAN
http://uniba.ac.id
http://supawi-pawenang.blogspot.co.id/
Supawi Pawenang, 2016, Modul Akuntansi Biaya, Fakultas Ekonomi, UNIBA Surakarta
Keretangan :
SPP : Surat Permintaan Pembelian
SOP : Surat Order Pembelian
LPB : Laporan Penerimaan Barang
http://supawi-pawenang.blogspot.co.id/
Supawi Pawenang, 2016, Modul Akuntansi Biaya, Fakultas Ekonomi, UNIBA Surakarta
Sistem Pembelian Bahan Baku di PT. Iskandar Indah Printing
Textile Surakarta
Prosedur yang Membentuk Sistem Akuntansi Pembelian
a. Prosedur permintaan pembelian
Bagian Gudang menerima permintaan dari bagian produksi dan pada saat persediaan bahan baku yang sebenarnya dibutuhkan oleh bagian produksi tidak cukup/ hamper mencapai titik reorder point, maka bagian gudang mengajukan permintaan pembeliaan dalam formulir Surat Permintaan Pembelian yang diotorisasi oleh bagian Gudang dan bagian Manajer Akuntansi sebagai persetujuan atas pembelian bahan baku. Setelah proses
pengotorisasian selesai, surat permintaan pembelian yang dibuat dua rangkap. Lembar pertama diajukan ke Bagian Pembelian untuk dilakukan pengadaan barang dan lembar kedua diarsip permanen di bagian Gudang.
b. Prosedur Permintaan
Penawaran Harga dan Pemilihan Pemasok
Setelah bagian pembelian menerima surat Permintaan Pembelian,
bagian tersebut segera membuat Surat Permintaan Penawaran Harga yang kemudian
dikirim ke pemasok untuk mendapatkan Surat Penawaran dari pemasok. Selanjutnya
bagian pembelian ini melakukan perbandingan harga untuk menentukan pemasok mana
yang akan dipilih perusahaan.
c. Prosedur Order Pembelian
Setelah menentukan pemasok, bagian pembelian segera membuat
surat order Pembelian sebanyak empat lembar, lembar pertama surat Order
Pembelian ini dikirim kepada pemasok sebagai order resmi yang dikeluarkan
perusahaan, lembar kedua dikirim kepada bagian pembukuan (akuntansi) sebagai
salah satu dasar untuk mencatat kewajiban yang timbul dari transaksi pembelian
, lembar ketiga dikirim kepada bagian produksi (gudang) yang menunjukkan bahwa
barang yang dimintanya telah dipesan, dan lembar keempat diarsipkan secara
permanen menurut tanggal.
d. Prosedur
Penerimaan Barang
Setelah bahan baku yang dipesan dari pemasok datang maka
bahan baku langsung diterima bagian gudang. Bagian Gudang kemudian membuat
laporan penerimaan barang untuk menyatakan penerimaan barang dari pemasok
tersebut. Laporan Penerimaan Barang dibuat tiga rangkap. Lembar pertama dikirim
ke bagian Pembelian sebagai bukti bahwa
barang telah diterima oleh bagian Gudang. Lembar kedua dikirim ke bagian
Pembukuan sebagai salah satu dasar untuk mencatat kewajiban yang timbul dari
transaksi pembelian. Lembar ketiga diarsipkan secara permanen menurut nomor.
e. Prosedur
Pencatan Utang
Dalam prosedur ini bagian Pembukuan memeriksa dokumen-dokumen
yang berhubungan dengan pembelian (Surat Order Pembelian, Laporan Penerimaan
Barang, dan Faktur Pembelian dari pemasok) kemudian membuat jurnal pembelian
dan membuat kartu utang. Selain itu, juga membuat kartu persediaan yang
berfungsi untuk mencatat harga pokok persediaan yang dibeli dan mengetahui
kuantitas persediaan bahan baku yang ada serta sebagai bahan pembanding dari
kartu gudang yang dicatat oleh bagian gudang.
f.
Prosedur Pembuatan Bukti Kas Keluar
Pada saat jatuh tempo bagian Pembukuan segera membuat Bukti
Kas Keluar rangkap dua kemudian
diotorisasi terlebih dahulu oleh manajer keuangan dan selanjutnya kedua rangkap
dokumen BKK beserta faktur dari pemasok dan surat order pembelian diserahkan ke
bagian kas untuk mengisi cek pembayaran yang selanjutnya cek akan diserahkan ke
pemasok. Saat pemasok menerima cek bersamaan dengan itu pemasok melakukan tanda
tangan atas BKK sebagai bukti bahwa Cek sudah diberikan ke pemasok . setelah
itu formulir BKK lemabar pertama
dikembalikan ke bagian Pembukuan dan BKK lembar kedua diarsipkan secara
permanen dibagian Kas.
g. Prosedur
Pencatatan Pengeluaran kas
Dalam prosedur ini setelah dilakukan pembayaran oleh bagian
Kas, dokumen BKK, faktur pembelian, dan SOP diserahkan ke bagian pembukuan yang
selanjutnya akan dilakukan pencatatan pengeluaran kas di dalam jurnal
pengeluaran kas sesuai dengan bukti kas keluar.
SPP : Surat Permintaan Pembelian
SOP : Surat Order Pembelian
LPB : Laporan Penerimaan Barang
Komentar
Posting Komentar