Akuntansi Biaya

  • Pengertian Akuntansi
Akuntansi adalah pencatatan dan pelaporan keuangan untuk diinterpretasikan kedalam Analisis Laporan Keuangan (ALK) untuk pengambilan keputusan.

Akuntansi > Bukti transaksi > Pencatatan > Pengelompokan > Pelaporan           > Diinterpretasi
                     ~Kwitansi            ~Jurnal         ~Buku Besar          ~Lap.Keuangan    ~A.L.K
                     ~Struk                    -Debet          -Aktiva                   -Neraca                 ~Informasi
                     ~Baktur                  -Kredit         -Passiva                 -Rugi-Laba             ~Utk pengambil-
                     ~bon                                           -Pendapatan          -Perubahan Modal    an keputusan
                                                                        -Biaya                    -dll

  • Akuntansi Biaya (Cost Accounting)

Akuntansi Biaya merupakan salah satu bagian dari bidang akuntansi meliputi kegiatan proses pencatatan dan monitoring seluruh aktivitas biaya dan menyajikan informasi tersebut dalam sebuah laporan.

Perusahaan dalam menjalankan seluruh aktifitas untuk memperoleh keuntungan atau laba tidak bisa terlepas dari biaya.

hal utama yang perlu diantisipasi serta direncanakan dengan baik yaitu dengan melakukan efisiensi terhadap seluruh biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dengan pengendalian anggaran yang telah direncanakan.


Pengertian dan Definisi Akuntansi Biaya oleh Para Ahli Ekonomi 

  1. R.A.Supriyono, Akuntansi biaya adalah salah satu cabang akuntansi yang merupakan alat manajemen untuk memonitor dan merekam transaksi biaya dalam bentuk laporan biaya.
  2.  Mulyadi, Akuntansi biaya adalah proses pencatatan,penggolongan,peringkasan dan penyajian biaya pembuatan dan penjualan produk jasa dengan cara-cara tertentu serta penafsiran terhadapnya.
  3. Abdul Halim, Akuntansi Biaya adalah akuntansi yang membicarakan  tentang penentuan harga pokok (cost) dari suatu produk yang diproduksi atau dijual di pasar baik untuk memenuhi pesanan dan pemesan maupun untuk menjadi persediaan barang dagangan yang akan dijual.
  4. Schaum, Akuntansi biaya adalah suatu prosedur untuk mencatat dan melaporkan hasil pengukuran dari biaya pembuatan barang atau jasa. Fungsi utama dari Akuntansi Biaya: Melakukan akumulasi biaya untuk penilaian persediaan  dan penentuan pendapatan.
  5. Carter dan Usry, akuntansi biaya adalah penghitungan biaya dengan tujuan untuk aktivitas perencanaan dan pengendalian,perbaikan kualitas dan efisiensi,serta pembuatan keputusan yang bersifat rutin maupun strategis.

Manfaat Akuntansi Biaya  

Tujuan atau manfaat akuntansi biaya adalah menyediakan salah satu informasi yang diperlukan oleh manajemen dalam mengelola perusahaan,yaitu untuk :
  1. Perencanaan dan pengendalian laba. Akuntansi biaya menyediakan informasi atau data biaya masa lalu yang diperlukan untuk menyusun perencanaan,dan selanjutnya atas dasar perencanaan tersebut, biaya dapat dikendalikan dan akhirnya pengendalian dapat dipakai sebagai umpan baik untuk perbaikan dimasa yang akan datang.
  2. Penentuan Harga Pokok Produk atau Jasa. Penetapan harga pokok akan dapat membantu dalam: (a) penilaian persediaan baik persediaan barang jadi maupun barang dalam proses. (b) penetapan harga jual terutama harga jual yang didasarkan kontrak, walaupun tidak selamanya penentuan harga jual berdasarkan harga pokok. (c) penetepan laba.
  3. Pengambilan keputusan oleh Manajemen. 
sumber : supawi pawenang ,2016,Modul Akuntansi Biaya,Surakarta: Universitas Islam Batik (UNIBA).

Komentar

  1. Mas Fajar, Referensinya agar anda tulis: Supawi Pawenang, 2016, Modul Akuntansi Biaya, Surakarata: Universitas Islam Batik (UNIBA).

    BalasHapus
  2. Mas Fajar, Referensinya agar anda tulis: Supawi Pawenang, 2016, Modul Akuntansi Biaya, Surakarata: Universitas Islam Batik (UNIBA).

    BalasHapus
  3. dan blog agar di link ke: uniba.ac.id

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Teknik Optimasi dan Peralatan Manajemen Baru Untuk Optimasi

TEKNIK OPTIMASI

EKONOMETRIKA BAB V