Akuntansi Biaya (Rantai Suplay)



Sumber: Supawi Pawenang,2016, Modul Akuntansi Biaya, Surakarta: Universitas Islam Batik Surakarta (UNIBA).
    

Rantai Suplay

Pemasok     Input      Proses      Output    Konsumen    
                                                                                    
 B.Pesan     Gudang          Pabrik            Gudang     →    Pemasaran
 B.Transportasi                                                                                             
                           1.Bongkar muat   1.Energi                 1.Bongkar muat       1.Iklan   
                           2.Keamanan        2.Teknologi            2.Keamanan            2.Promo
                           3.Kapital idle              -Mesin            3.Kapital idle           3.Delivery
                           4.Kerusakan               -Operator       4.kerusakan             4.Tanggap
                                                             -Sparepart                                         konsumen
                                                       3.Diproduksi                                         5.Return
                                                              -Sisa Bahan
                                                              -Produk cacat
                                                       




       Pengelolaan Rantai Pasokan

( SCM = Supply Chain Management )

A. Pentinya Strategi SCM

      Supply Chain Management berkaitan dengan siklus yang lengkap dari bahan mentah dari para supplier, ke kegiatan operasional di perusahaan, berlanjut ke ditribusi sampai kepada konsumen.

      Hal penting yang menjadi dasar pemikiran pada konsep ini adalah fokus pada pengurangan kesia-siaan dan mengoptimalkan nilai pada rantai pasokan yang berkaitan.

B. Supply Chain Management  

      Merupakan pengelolaan berbagai kegiatan dalam rangka memperoleh bahan mentah, dilanjutkan kegiatan transformasi sehingga menjadi produk dalam proses, kemudian menjadi produk jadi dan diteruskan dengan pengiriman kepada konsumen melalui sistim distribusi. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan mencakup pembelian secara tradisional dan berbagai kegiatan penting lainnya yang berhubungan dengan supplier dan distributor.

      Supply Chain Management antara lain meliputi penetapan:

       a. Pengangkutan.          

       b. pembayaran secara tunai atau kredit (proses transfer) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Teknik Optimasi dan Peralatan Manajemen Baru Untuk Optimasi

TEKNIK OPTIMASI

EKONOMETRIKA BAB V